Alamat :

Jl. Cerme No. 24 Cilacap

AGAR OTAK TETAP SEHAT

Otak merupakan organ yang sangat penting, terutama dalam kemampuan kognitif. Layaknya otot yang membesar saat dilatih dan mengecil pada saat tidak mendapatkan beban, otak juga akan berkurang kemampuannya jika tidak mendapatkan latihan yang memadai. Salah satu dampak buruk pada orang yang jarang menggunakan kemampuan berpikir adalah penurunan secara drastis kemampuan berpikir saat usia sudah menapak tua akibat proses degenerasi.

Untuk menghindari hal tersebut ada langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1. Lakukan olahraga yang memadai. Olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak, sehingga aliran nutrisi juga dapat terjaga. Dengan demikian, selalu ingat bahwa olahraga merupakan salah satu syarat untuk kesehatan otak.

2. Tetaplah berusaha untuk memiliki hubungan sosial dengan orang lain, baik berupa perkumpulan teman di kantor atau dalam lingkungan rumah.

3. Berpikirlah secara rasional dan positif terhadap masalah. Jika masalah selalu membuat depresi, hal itu juga dapat membawa akibat buruk bagi otak. Dengan demikian perlu dilakukan upaya untuk mengatasi stress.

4. Konsumsi makanan sehat. Hal itu penting, terutama makanan yang banyak mengandung anti-oksidan, folat, dan asam lemak omega-3.

5. Pertahankan kesehatan. Caranya dengan mempertahankan berat badan, menghindari peningkatan kolestrol, menjaga tekanan darah, dan kadar gula dalam batas normal.

6. Jika memang mengalami penyakit, terutama penyakit yang dapat mengganggu otak, misalnya tekanan darah tinggi, diabetes, atau peningkatan kolestrol, konsumsi obat yang dapat mengatasi penyakit tersebut.

7. Istirahat cukup juga berperan dalam membantu kesehatan otak. Setidaknya tidur antara 6-8 jam perhari untuk mengembalikan fungsi otak.

8. Senantiasa berusaha untuk melakukan stimulus terhadap otak. Misalnya saja dengan berpikir suatu hal, berusaha memecahkan suatu masalah, atau berpikir untuk menghadirkan sesuatu yang berkualitas. Hal itu akan memicu otak untuk terus bekerja. Otak yang bekerja akan lebih baik dibandingkan otak yang tidak mendapatkan stimulus.

9. Pada orang yang sudah berhenti dari pekerjaan atau sudah pensiun, jangan biarkan otak tidak bekerja dalam waktu lama. Lakukan kegiatan kecil untuk merangsang otak agar bekerja. Misalnya saja bermain catur, membaca koran atau majalah, menonton acara berita di TV, atau kegiatan lain untuk merangsang otak berpikir.

Selain melakukan 9 langkah di atas, maka untuk menjaga kesehatan otak perlu juga untuk menghindari 4 hal berikut:

1. Hindari minum alkohol, merokok, menggunakan narkoba atau zat aditif lain. Penderita yang sering merasa depresi terkadang merasa nyaman dengan menggunakan obat penenang. Meskipun dokter sudah tidak lagi meresepkan, untuk menghadirkan rasa nyaman, seringkali dia membeli sendiri obat tanpa resep dokter. Hal itu juga harus dihindari.

2. Merasa malas pergi ke dokter jika mengalami masalah mental, misalnya depresi atau masalah lainnya. Jika tidak mendapatkan penanganan yang memadai, kondisi kejiwaan pada akhirnya akan berpengaruh pada otak.

3. Waspadai terjadinya masalah dalam fungsi mengingat atau fungsi kognitif misalnya lupa dengan tanggal lahir pasangan, lupa menaruh kunci, tidak bisa menyelesaikan perhitungan matematika sederhana, dan gangguan lainnya. Meskipun demikian jangan lantas menjadi terlalu khawatir hingga menjadi cemas bila mengalami hal tersebut. Lakukan latihan untuk mengingat hal-hal kecil tersebut, dalam batas tertentu otak dapat dipaksa untuk mengingat. Latihan itu dapat membantu merangsang otak.

4. Mengurung diri di dalam rumah dan tidak bersosialisasi dengan orang lain juga dapat membawa akibat buruk bagi otak. Bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain dapat merangsang otak bekerja.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat