Alamat :

Jl. Cerme No. 24 Cilacap

Punggung Sakit di Bagian Bawah

Punggung sakit sering terjadi di masyarakat. Punggung sakit, terutama punggung bagian bawah, bukan hanya akibat saraf kejepit.  Saraf kejepit karena penonjolan bantalan tulang belakang atau HNP (hernia nucleus pulposus), hanya menyebabkan sekitar 10% nyeri punggung bawah. Punggung bagian bawah sakit lebih sering karena retakan di bantalan sendi, kerusakan sendi (sendi facet dan sacroiliacal) serta kerusakan ligament. Bisa juga karena infeksi atau tumor, tetapi jarang.

Penanganan medis berbeda-beda tergantung penyebab punggung sakit yang didiagnosa oleh dokter. Bisa berupa obat-obat saja, fisioterapi (latihan otot perut dan punggung, traksi tulang belakang, dll), injeksi anti radang atau radiofrequency dengan bantuan visual c-arm atau USG, terapi regeneratif (injeksi PRP dan proloterapi), serta operasi jika perlu.

Ligamen tulang belakang dan tulang panggul sering jadi sumber nyeri yang terlewatkan dalam pemeriksaan dokter. Ligamen yang rusak selain menyebabkan nyeri di pinggul, nyeri otot bokong dan nyeri menjalar ke paha dan betis. Ligamen yang kendur menyebabkan tulang belakang tidak stabil dan  akhirnya merusak sendi facet dan bantalan tulang. Punggung sakit akibat kerusakan ligamen ini diobati dengan terapi regeneratif (proloterapi).

Biomekanik tulang belakang juga harus diperbaiki. Penderita punggung sakit harus tahu cara aktivitas sehari-hari yang aman untuk tulang belakang, seperti cara angkat barang dari lantai atau posisi komputer dan cara duduk di tempat kerja yang benar. Otot-otot yang tidak seimbang harus dikuatkan atau diregang. Otot perut dan otot punggung harus dilatih untuk menstabilkan tulang belakang agar punggung sakit tidak terulang lagi.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat