Alamat :

Jl. Cerme No. 24 Cilacap

Mengenal Influenza

Influenza atau flu adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan diantaranya adalah demam, sakit kepala, batuk, badan terasa pegal, nafsu makan menurun, dan tenggorokan terasa sakit.

Flu disebabkan oleh virus influenza yang dapat ditularkan secara langsung atau tidak langsung. Contoh penularan langsung yaitu ketika kita tidak sengaja menghirup butiran air liur di udara yang dikeluarkan oleh  penderita flu melalui bersin atau batuk. Sedangkan contoh tidak langsung yaitu ketika kita berjabat tangan dengan penderita flu yang sebelumnya telah menggunakan tangannya untuk memegang mulut atau hidung. Selain itu benda-benda yang sudah terkontaminasi virus flu juga bisa menjadi media penularan. Langkah utama untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan. Bagi pengguna kendaraan umum disarankan untuk memakai masker saat berpergian.

 

Masa inkubasi virus flu termasuk singkat. Anda akan mengalami gejala hanya dalam waktu satu sampai tiga hari setelah pertama kali terinfeksi. Masa dimana flu paling menulah adalah dihari ketika gejala mulai muncul sampai tiga hingga tujuh hari berikutnya.

 

Beberapa langkah pengobatan flu yang bisa anda lakukan diantaranya adalah dengan istirahat secara cukup, banyak mengkonsumsi air mineral, konsumbi buah dan sayuran, dan menjaga tubuh agar tetap dalam suhu normal. Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi antibiotik karena obat ini hanya diperuntukan bagi kondisi yang disebabkan karena bakteri, sedangkan penyebab flu adalah virus. Namun apablila kondisi tubuh belum membaik maka anda dapat memeriksakan diri anda ke Dokter Umum di Klinik Al-Irsyad Cilacap.

 

Beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah penularan flu adalah :

  • Menjaga kebersihan
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau setelah bepergian
  • Menutup mulut atau hidung saat bersin atau batuk
  • Menggunakan masker saat berpergian (terutama bagi pengguna kendaraan bermotor dan kendaran umum) atau ketika berada di sekitar penderita flu
  • Memastikan tubuh menerima asupan vitamin dan gizi secara cukup dan seimbang
  • Istirahat yang cukup
  • Olahraga secara teratur
  • Menjaga asupan cairan tubuh agar tidak terjadi dehidrasi

Sumber : http://www.alodokter.com

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat