Alamat :

Jl. Cerme No. 24 Cilacap

DEMAM PADA ANAK

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada diatas angka 380 C. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit. Selain itu, demam juga bisa terjadi pada kondisi hipertiroidisme, artritis, atau karena beberapaan , termasuk antibiotic. Kenaikan suhu tubuh akibat konsumsi obat ini disebut dengan demam obat atau drug fever.

Meskipun terkadang menghawatirkan, demam tinggi pada anak tidak selalu menandakan bahwa anak menderita suatu penyakit serius. Demam pada anak yang seringkali dijumpai tidak berbahaya, tetapi demam pada anak merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang berusaha melawan infeksi tersebut.

Demam bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah gejala yang seringkali menyertai penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu obat-obatan. Tetapi untuk mengobati demam yang lebih parah, beberapa obat-obatan penurun demam dapat dibeli secara bebas di apotek. Perlu diperhatikan untuk membaca aturan pakai dan dosis yang dianjurkan.

Pemeriksaan suhu tubuh yang paling tepat adalah menggunakan thermometer. Jangan mengandalkan rabaan tangan untuk memastikan demam atau tidak. Demam belum tentu menjadi kondisi yang serius, namun apabila suhu tubuh mencapai 380 C dan mengalami satu atau gejala berikut ini maka segera hubungi dokter atau pergi ke fasilitas kesehatan terdekat :

  • Leher terasa kaku dan mata menjadi sensitive terhadap cahaya
  • Mual muntah secara terus menerus
  • Muncul bercak kemerahan pada kulit
  • Sesak napas
  • Terus menerus merasa kantuk
  • Anak tidak mau minum dan jarang buang air kecil

Cara Menggunakan Termometer dengan Benar

 

 

 

 

 

 

 

Ada beberapa thermometer, diantaranya yaitu thermometer raksa, thermometer telinga, thermometer digital. Diantara ketiganya, thermometer digital yang paling banyak dipilih karena selain harga yang terjangkau, penggunaannya juga mudah, dan hasil yang akurat. Ada 3 bagian yang dapat diaplikasikan yaitu pada mulut, ketiak, dan anus. Namun sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan thermometer yang sama pada tiga bagian yang berbeda. Adapun cara penggunaan thermometer digital yang benar adalah :

  • Cuci tangan menggunakan sabun dan bilas
  • Bersihkan thermometer sebelum digunakan
  • Nyalakan thermometer dengan memencet tombol yang ada dan tunggu hingga tulisan di layar berhenti berkedip
  • Letakan thermometer pada lipatan ketiak
  • Tahan thermometer pada posisi yang sama kurang lebih 40 detik atau sampai thermometer berbunyi
  • Ambil thermometer lalu baca tulisan pada layar. Angka yang tertera menunjukan suhu tubuh orang tersebut
  • Bersihkan kembali thermometer dan simpan kembali pada tempatnya

Faktanya, demam bukanlah penyakit utama. Melainkan reaksi tubuh terhadap suatu penyakit bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Untuk memastikan anak demam, orang tua harus mengukur suhu anak. Dikatakan demam apabila suhu tubuh melebihi 380 C. Meski demikian tidak semua demam pada anak pelu berobat. Pertolongan pertama memainkan peran penting dalam mengatasi demam pada anak.

Langkah-langkah penanganan pertama yang orang tua harus lakukan di rumah, jika anak demam yaitu

  • Bedrest

Mengistirahatkan anak dari berbagai aktifitas saat anak demam adalah langkah yang tepat. Apabila setelah 3 hari demam anak tak kunjung turun maka segera bawa ke dokter. Selama itu waktu istirahat anak dianjurkan untuk lebih diperbanyak.

  • Kompres air hangat

Sudah tidak asing lagi budaya di masyarakat kita, apabila anak terkena demam langsung di kompres dengan air dingin. Padahal air dingin tidak dianjurkan dan sebaiknya menggunakan air hangat. Penggunaan air hangat akan menyebabkan vasodilatasi, yaitu melebarnyapembuluh darah dan pori-pori kulit, sehingga terjadi penguapan. Pengompresan dapat dilakukan di lipatan ketiak dan punggung. Durasi pengompresan antara 1-1,5 jam dan setiap 15 menit air hangat untuk mengompres harus diganti.

  • Terapi herbal

Terapi menggunakan herbal sangat membantu, karena adanya proses evaporasi dalam tubuh dan memberikan relaksasi untuk anak. Biasanya terapi herbal menggunakan bawang merah. Caranya dengan membalurkan bawang merah yang sudah dipotong tipis-tipis pada punggung anak.

 

Demam dapat disebabkan karena infeksi bakteri atau virus, misalnya infeksi saluran nafas atas. Tidak diketahui secara pasti mengapa demam dapat menyebabkan kejang pada beberapa anak, namun diduga ada factor genetik yang berperan di dalamnya.

 

Apa yang terjadi saat anak kejang ?

Saat anak mengalami kejang akibat demam maka yang terjadi adalah :

  • Hilang kesadaran
  • Bergetar atau kejang pada seluruh bagian tubuh
  • Tubuh menjadi kaku

Kejang yang diakibatkan karena demam tidak berbahaya dan hanya berlangsung 2 sampai 3 menit dan tidak mengganggu fungsi otak serta tingkat kecerdasan anak. Lantas apa yang perlu dilakukan pertama kali sebelum anak diabawa ke rumah sakit ?

Beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua sebelum membawa anaknya yang mengalami kejang ke fasilitas kesehatan yaitu :

  • Miringkan tubuh anak. Untuk mencegak anak tersedak. Biarkan kejang berlangsung dan jangan berusaha untuk menahan tubuh anak
  • Gunakan handuk, pakaian, atau selimut supaya lidah tidak tergigit . Jangan berikan minum atau apapun yang dapat menyumbat jalan nafas
  • Hitung waktunya saat anak kejang. Jangan panik tapi pastikan anda mengukur berapa lama kejang berlangsung. Jika kejang berlangsung selama lebih dari 5 menit segera bawa anak ke fasilitas kesehatan seperti klinika atau rumah sakit.
  • Setelah kejang, kompres dengan air hangat di dahi, lipatan ketiak dan selangkangan. Meskipun kejang tidak lebih dari 5 menit pastikan anda untuk membawa anak ke fasilitas kesehatan seperti klinik atau rumah sakit guna mendapatkan pemeriksaan dokter lebih lanjut. pastikan anda memantau kondisi anak sehari setelah kejang. Anda dapat memberikan obat penurun panas secara rutin, walaupun hal tersebut kurang bisa untuk menghentikan kejang namun dapat membantu untuk menormalkan suhu tubuh anak.

 

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat